Wednesday 24 May 2017

Contoh Pengembangan Diri PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA


LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

“PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA”



Laporan Pengembangan Diri Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Nilai Penetapan Angka Kredit (PAK)
Dalam Kenaikan Pangkat Golongan ruang III/d ke Golongan ruang IV/a


Di susun oleh:
Nama        : Kustini, S.Pd.SD
NIP           : 19661116 199403 2 005




LEMBAR IDENTITAS

1.      Nama                                                  : Kustini, S.Pd.SD
2.      NIP                                                    : 19661116 199403 2 005
3.      Nomor Seri Karpeg                            : G 216546
4.      Tempat Tanggal Lahir                        : Kudus, 11November 1966
5.      Pangkat / Gol.Ruang/TMT                 : Penata Tingkat 1/ IIId/1 April 2012
6.      Jabatan                                               : Guru Dewasa TK1
7.      SK CPNS
·         Nomor SK                              : 813.2/7719/1994
·         TMT                                       : 1 Maret 1994
·         Masa Kerja Golongan            : 0 tahun 0 bulan
8.      SK PNS (II/A)
·         Nomor SK                              : 821.1/003273/1996
·         TMT                                       : 1 Maret 1996
·         Masa Kerja Golongan            : 2 tahun 0 bulan
9.      SK Pangkat Terakhir ( III/D)
·         Nomor SK                              : 823.3/40/2012
·         TMT                                       : 1 April 2012
·         Masa Kerja Golongan            : 13 tahun 1 bulan
10.  Jenis Guru                                          : Guru Kelas
11.  Alamat Sekolah                                  : Temulus Rt 04 Rw 03 Mejobo, Kudus
12.  Alamat Rumah                                   : Golantepus Rt 05 Rw 01 Mejobo, Kudus










PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015



Hasil Laporan Pengembangan Diri yang berjudul “Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa” ini telah disahkan untuk diajukan ke Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Kudus.




Di sahkan oleh :

Kepala UPT Pendidikan                                                         Kepala Sekolah          
Kecamatan Mejobo                                                                 SD 5 Temulus                                                

SLAMET HENDRO, S.Pd                                                    SUDAR, S.Pd           
NIP.19600520 198405 1 003                                                 NIP.19650201 198806 1 002
                                                                     













KATA PENGANTAR

            Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hanya melalui limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya penyusun laporan pengembangan diri ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Laporan Pengembangan diri pada kegiatan Diklat yang berjudul “Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa”ini untuk memenuhi salah satu persyaratan Penetapan Angka Kredit (PAK) dari golongan  ruang III/d ke golongan ruang IV/a.
            Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunana hasil Laporan Pengembangna Diri ini masih banyak kekurangan, maka penyusun sangat mengharapkan petunjuk dan saran yang membangun dari tim penilai demi kebaikan penelitian kami.
            Akhirnya penyusun berharap semiga hasil Laporan Pengembangan Diri ini dapat memenuhi nilai untuk persyaratan Penetapan Angka Kredit kami.   


Kudus, 15 Februari 2016
Penyusun,

Kustini, S.Pd.SD
NIP.19661116 199403 2 005













DAFTAR ISI HALAMAN
HALAMAN JUDUL ....................................................................................           i
LEMBAR IDENTITAS ...............................................................................           ii
LEMBAR PENGESAHAN .........................................................................           iii
KATA PENGANTAR ..................................................................................          iv
DAFTAR ISI .................................................................................................           v
BAB I      PENDAHULUAN ........................................................................           1
BAB II    LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI .....................................          2
BAB III   PENUTUP.....................................................................................           3
MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT ............         4
LAMPIRAN ..................................................................................................           5
Fotocopy STTPL ...........................................................................          6
Fotocopy Surat Tugas .................................................................            7
Fotocopy Daftar Peserta .............................................................            9


















BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus mengembangkan strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan Pembimbingan dan Pendampingan dalam penyusunan kegiatan dalam penelitian maupun pelatihan Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2015 serta merujuk kepada peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2010 tentang guru, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Nomor 16 Tahun 2009, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional guru dan angka kreditnya, bahwa guru dan Kepala Sekolah harus dinilai kinerjanya untuk selanjutnya ditetapkan Keputusan Penetapan Angka Kreditnya.
            Dalam menyikapi peran penting Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Kudus pada pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Guru dan Kepala Sekolah, maka diperlukan penguatan dalam hal Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (MPSDM) pendidikan Kabupaten Kudus. Secara Umun, Penilaian Angka Kredit yang baik akan membantu meningkatkan kompetensinya dan pengembangan karirnya. 
            Sehubungan dengan hal itu maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus khususnya Seksi Tendik (PTK) memandang perlu untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa yang diselenggarakan di gedung Auditorium Universitas Muria Kudus selama 3 hari yaitu mulai tanggal 13, 14, 15 Februari 2016.

B. Tujuan
            Berdasarkan paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a)        Mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayananan yang lebih baik kepada peserta didik  
b)        Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi




BAB II
PELAKSANAAN PENGEMBANGGAN DIRI

A.  Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini di laksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 Februari 2016 bertempat di Auditorium Universitas Muria Kudus.
B.  Jenis Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa
C.  Tujuan Pengembangan Diri
Secara umum pelatihan ini ditujukan untuk memberikan bekal agar guru dapat menyusun rencana tindak lanjut kurikulum.
D.  Uraian Materi
1.    Kebijakan umum pemerintah di bidang pendidikan
2.    Membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran budaya jawa di sekolah
3.    Pembentukan karakter melalui budaya
4.    Trikarsa budaya permadani
5.    Kesenian jawa memberi sumbangsih dalam pembentukan karakter
6.    Praktek tembang lelagon, lagu dolanan dan dongeng
E.  Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan oleh penulis setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa untuk menyusun rencana tindak lanjut materi yang diperoleh dari pelatihan diklat untuk diimplementasikan di Sekolah / Satuan Pendidikan.
F.   Dampak Pengembangan Diri
Dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas dengan pembelajaran PAIKEM





BAB III
PENUTUP

Laporan pengembangan diri ini disusun sebagai upaya untuk memenuhi nilai dalam Penetapana Angka Kredit (PAK) dan penulis berharap agarbisa digunakan untuk memberikan motivasi terhadap teman sejawat.

MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT
No
Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah Jam Diklat
Nama Fasilitator
Materi Diklat
Nama Penyelenggara
Dampak
1
Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Bangsa
Gedung Auditorium UMK Kudus
34 Jam
·         Prof. Dr. Suminta A. Sayuti
·         Ir. Anwar Efendi, MT
·         Drs. H.Sulardi Gandamastuti. MM

·         Kebijakan umum pemerintah di bidang pendidikan
·         Membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran budaya jawa di sekolah
·         Pembentukan karakter melalui budaya
·         Trikarsa budaya permadani
·         Kesenian jawa memberi sumbangsih dalam pembentukan karakter
·         Praktek tembang lelagon, lagu dolanan dan dongeng
Perma-dani
Dapat membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran budaya bangsa. Dalam hal ini dilakukan dengan memberdayakan lembaga pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah.
                                                                                                            







LAMPIRAN - LAMPIRAN




No comments:

Post a Comment

Matahari kudus terbakar