LAPORAN
PENGEMBANGAN
DIRI
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
“PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA”
Laporan
Pengembangan Diri Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Nilai
Penetapan Angka Kredit (PAK)
Dalam
Kenaikan Pangkat Golongan ruang III/d ke Golongan ruang IV/a
Di
susun oleh:
Nama : Kustini, S.Pd.SD
NIP : 19661116 199403 2 005
LEMBAR
IDENTITAS
1. Nama :
Kustini, S.Pd.SD
2. NIP
:
19661116 199403 2 005
3. Nomor
Seri Karpeg : G
216546
4. Tempat
Tanggal Lahir :
Kudus, 11November 1966
5. Pangkat
/ Gol.Ruang/TMT : Penata
Tingkat 1/ IIId/1 April 2012
6. Jabatan
:
Guru Dewasa TK1
7. SK
CPNS
·
Nomor SK : 813.2/7719/1994
·
TMT :
1 Maret 1994
·
Masa Kerja Golongan : 0 tahun 0 bulan
8. SK
PNS (II/A)
·
Nomor SK : 821.1/003273/1996
·
TMT :
1 Maret 1996
·
Masa Kerja Golongan : 2 tahun 0 bulan
9. SK
Pangkat Terakhir ( III/D)
·
Nomor SK : 823.3/40/2012
·
TMT :
1 April 2012
·
Masa Kerja Golongan : 13 tahun 1 bulan
10. Jenis
Guru :
Guru Kelas
11. Alamat
Sekolah :
Temulus Rt 04 Rw 03 Mejobo, Kudus
12. Alamat
Rumah : Golantepus
Rt 05 Rw 01 Mejobo, Kudus
PENGESAHAN
LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Hasil Laporan
Pengembangan Diri yang berjudul “Pendidikan
dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa” ini
telah disahkan untuk diajukan ke Tim Penilai Angka Kredit Kabupaten Kudus.
Di sahkan oleh :
Kepala
UPT Pendidikan Kepala
Sekolah
Kecamatan
Mejobo SD
5 Temulus
SLAMET
HENDRO, S.Pd SUDAR,
S.Pd
NIP.19600520
198405 1 003 NIP.19650201
198806 1 002
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena hanya
melalui limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya penyusun laporan pengembangan
diri ini dapat terselesaikan dengan baik.
Laporan
Pengembangan diri pada kegiatan Diklat yang berjudul “Pendidikan dan Pelatihan
Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa”ini untuk memenuhi
salah satu persyaratan Penetapan Angka Kredit (PAK) dari golongan ruang III/d ke golongan ruang IV/a.
Penyusun
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunana hasil Laporan Pengembangna Diri
ini masih banyak kekurangan, maka penyusun sangat mengharapkan petunjuk dan
saran yang membangun dari tim penilai demi kebaikan penelitian kami.
Akhirnya
penyusun berharap semiga hasil Laporan Pengembangan Diri ini dapat memenuhi
nilai untuk persyaratan Penetapan Angka Kredit kami.
Kudus, 15 Februari 2016
Penyusun,
Kustini, S.Pd.SD
NIP.19661116 199403 2 005
DAFTAR
ISI HALAMAN
HALAMAN JUDUL
.................................................................................... i
LEMBAR IDENTITAS
............................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN
......................................................................... iii
KATA PENGANTAR .................................................................................. iv
DAFTAR ISI
................................................................................................. v
BAB I PENDAHULUAN
........................................................................ 1
BAB II LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI ..................................... 2
BAB
III PENUTUP..................................................................................... 3
MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT
............ 4
LAMPIRAN
.................................................................................................. 5
Fotocopy
STTPL ........................................................................... 6
Fotocopy
Surat Tugas ................................................................. 7
Fotocopy
Daftar Peserta ............................................................. 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus mengembangkan strategi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan Pembimbingan dan Pendampingan
dalam penyusunan kegiatan dalam penelitian maupun pelatihan Penilaian Kinerja
Guru dan Kepala Sekolah Tahun 2015 serta merujuk kepada peraturan Pemerintah
Nomor 74 Tahun 2010 tentang guru, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara dan RB Nomor 16 Tahun 2009, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
35 Tahun 2010 tentang petunjuk teknis Jabatan Fungsional guru dan angka
kreditnya, bahwa guru dan Kepala Sekolah harus dinilai kinerjanya untuk
selanjutnya ditetapkan Keputusan Penetapan Angka Kreditnya.
Dalam
menyikapi peran penting Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Kudus
pada pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Guru dan Kepala Sekolah, maka
diperlukan penguatan dalam hal Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia
(MPSDM) pendidikan Kabupaten Kudus. Secara Umun, Penilaian Angka Kredit yang
baik akan membantu meningkatkan kompetensinya dan pengembangan karirnya.
Sehubungan
dengan hal itu maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus
khususnya Seksi Tendik (PTK) memandang perlu untuk menyelenggarakan Pendidikan
dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa yang
diselenggarakan di gedung Auditorium Universitas Muria Kudus selama 3 hari
yaitu mulai tanggal 13, 14, 15 Februari 2016.
B.
Tujuan
Berdasarkan
paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a)
Mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan
untuk dapat memberikan pelayananan yang lebih baik kepada peserta didik
b)
Mengumpulkan angka kredit yang
disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi
BAB II
PELAKSANAAN PENGEMBANGGAN DIRI
A. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini di
laksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 Februari 2016 bertempat di Auditorium
Universitas Muria Kudus.
B. Jenis Kegiatan
Pendidikan dan
Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Budaya Jawa
C. Tujuan Pengembangan Diri
Secara umum pelatihan ini ditujukan untuk memberikan
bekal agar guru dapat menyusun rencana tindak lanjut kurikulum.
D. Uraian Materi
1. Kebijakan
umum pemerintah di bidang pendidikan
2. Membentuk
karakter bangsa melalui pembelajaran budaya jawa di sekolah
3. Pembentukan
karakter melalui budaya
4. Trikarsa
budaya permadani
5. Kesenian
jawa memberi sumbangsih dalam pembentukan karakter
6. Praktek
tembang lelagon, lagu dolanan dan dongeng
E. Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan oleh penulis setelah
kegiatan pengembangan diri ini adalah merencanakan, melaksanakan dan
mengevaluasi Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Karakter Bangsa Melalui
Pembelajaran Budaya Jawa untuk menyusun rencana tindak lanjut materi yang
diperoleh dari pelatihan diklat untuk diimplementasikan di Sekolah / Satuan
Pendidikan.
F.
Dampak
Pengembangan Diri
Dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses
pembelajaran yang dilakukan di kelas dengan pembelajaran PAIKEM
BAB
III
PENUTUP
Laporan pengembangan diri ini disusun sebagai upaya untuk memenuhi nilai dalam Penetapana Angka Kredit (PAK)
dan penulis berharap agarbisa digunakan untuk memberikan motivasi terhadap
teman sejawat.
MATRIK
RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT
No
|
Nama Diklat
|
Tempat
Kegiatan
|
Jumlah Jam
Diklat
|
Nama
Fasilitator
|
Materi Diklat
|
Nama
Penyelenggara
|
Dampak
|
1
|
Pembentukan Karakter Bangsa Melalui
Pembelajaran Budaya Bangsa
|
Gedung Auditorium UMK Kudus
|
34 Jam
|
·
Prof. Dr. Suminta A. Sayuti
·
Ir. Anwar Efendi, MT
·
Drs. H.Sulardi Gandamastuti. MM
|
·
Kebijakan umum pemerintah di bidang pendidikan
·
Membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran
budaya jawa di sekolah
·
Pembentukan karakter melalui budaya
·
Trikarsa budaya permadani
·
Kesenian jawa memberi sumbangsih dalam pembentukan
karakter
·
Praktek tembang lelagon, lagu dolanan dan dongeng
|
Perma-dani
|
Dapat membentuk karakter bangsa
melalui pembelajaran budaya bangsa. Dalam hal ini dilakukan dengan
memberdayakan lembaga pendidikan baik sekolah maupun luar sekolah.
|
LAMPIRAN -
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment